Posted in Fakta Unik

Fakta Menarik Catur

1. “sekak mat”

Kata “sekak mat” berasal dari kata Arab “shah mat” yang diterjemahkan menjadi “Raja sudah mati” dalam bahasa Inggris.

2. Permainan terpanjang

Permainan terpanjang catur yang mungkin bisa Anda lakukan adalah 5.949 langkah.

3. Permainan terpanjang yang tercatat

Permainan terpanjang yang pernah tercatat adalah berlangsung selama 269 langkah dan berakhir imbang.

4. Juara catur dunia

Seorang Jerman bernama Dr. Emanuel Lasker mempertahankan gelar juara untuk waktu yang paling lama yaitu: 26 tahun dan 337 hari!

5. Papan catur pertama



Papan catur modern seperti yang kita lihat hari ini muncul pertama kali di Eropa pada tahun 1090.

6. Jam mekanik pengganti jam pasir

Jam mekanik pertama yang digunakan sebagai pengganti jam pasir diciptakan oleh Thomas Wilson pada tahun 1883. jam push button modern diperkenalkan oleh Veenhoff pada tahun 1900.

7. Pendeta berbohong 

Papan catur lipat diciptakan pada 1125 oleh seorang Pendeta yang juga hobi main catur. Sejak Gereja melarang seorang Pendeta untuk bermain catur, ia menyembunyikan papan caturnya dengan membuatnya terlihat seperti dua buah buku biasa yang tergeletak.

8. ‘Rookies’

Pemain di tahun pertama mereka disebut “Rookies”. Nama ini dimbil dari pion terakhir dari catur yang bergerak yang disebut “Rooks”.

9. Buku bahasa Inggris

Buku kedua yang pernah dicetak dalam bahasa Inggris adalah tentang Catur.

10. Salah satu jenius kompuet : Alan Turing



Alan Turing mengembangkan program komputer pertama untuk bisa bermain catur pada tahun 1951. Namun, tidak ada komputer yang cukup kuat untuk memprosesnya, sehingga Turing menguji dengan melakukan perhitungan gerakan.

11. Permainan luar biasa

Permainan catur pertama antara ruang dan bumi adalah pada bulan Juni 1970 oleh awak Soyez-9. Meskipun pertandingan berakhir imbang, itu pasti tetap menjadi berita utama.

12. Langkah baru pion 

Langkah baru di mana pion bisa bergerak dua langkah, bukan satu diperkenalkan di Spanyol pada 1280.

13. Permainan para raja

Catur juga disebut “Game of Kings” karena untuk waktu yang sangat lama di masa lalu, itu hanya dimainkan oleh para raja dan kalangan bangsawaan.

14. Skakmat terpendek!

Jumlah langkah terpendek untuk mencapai skak mat hanya dua langkah! Satu urutan disebut “Fool’s mate runs” Jadi, 1. g4 e5 dan 2. f4 Qh4 skakmat.

15. Master catur 

Seorang Master catur yang telah memenangkan Kejuaraan Dunia di semua tiga format (KO, turnamen dan pertandingan) adalah Viswanathan Anand dari India.

16. Komputer jenius

Komputer yang disebut ‘Deep Thought’ menjadi yang pertama dari jenisnya yang berhasil mengalahkan master catur internasional pada November 1988 di Long Beach, California.

Advertisements
Posted in Fakta Unik

Kerupuk…

krupuk
Kerupuk dianggap menjadi salah satu pelengkap wajib dunia makanan bagi banyak orang di Indonesia. Kekhasan dari cemilan tersohor ini tidak lain karena garing, gurih rasa, dan sensasi bunyi krauk-kriuk yang terdengar ketika memakannya. Bagi kamu para pecinta kerupuk, ada lhobeberapa fenomena kuliner kesayangan kita semua yang perlu kamu tahu. Apa saja?

Nama
Sudah tahu asal muasal nama kerupuk? Tidak banyak artikel yang membahas secara mendalam tentang sejarah makanan gurih ini dari sudut pandang sejarah penamaan. Sebab, banyak orang langsung menikmati garingnya kerupuk sampai kenyang tanpa peduli dengan asal kata kerupuk. Di beberapa negara, kerupuk memiliki nama yang bermacam-macam. Malaysia menamakan camilan garing ini sebagai keropok, di Filipina bernama kropek, prawn crackers di Australia, banh tom Phong di Vietnam, xiapian di Cina, dan kroepoek di Belanda dan Suriname.

Ragam
Penamaan yang bermacam-macam juga mengindikasikan perbedaan dari makanan garing ini, Inspirator. Di Indonesia, kerupuk umumnya terdiri dari tepung tapioka dan campuran berbagai macam jenis ikan. Tak sedikit juga kerupuk yang dibuat menggunakan beras ketan kering, kulit binatang, aci, sayuran (seperti kerupuk bayam, jengkol, dan melinjo), dan modifikasi olahan kerupuk seperti tambahan topping pada rempeyek.

Tradisi
Peringatan 17 Agustusan tidak ramai tanpa lomba makan kerupuk. Tali yang menggantung tinggi di antara tali lainnya menjadikan kerupuk sebagai target gigitan peserta lomba. Sejarahnya, kerupuk ada dalam agenda lomba peringatan kemerdekaan karena saat masa penjajahan, camilan kering ini dijadikan menu utama makanan bagi warga Hindia-Belanda. Konon, kerupuk pada acara 17an mengingatkan bahwa para pendahulu pernah hidup di bawah keprihatinan karena penjajah. Perlombaan makan kerupuk dianggap sebagai upaya menceritakan kembali kisah pahit yang dikemas dalam kegiatan tahunan masyarakat di berbagai daerah. Hingga sekarang ini kerupuk menjadi simbol pangan, solidaritas, dan kebersamaan masyarakat Indonesia.
 
 
*Dikutip dari berbagai sumber.

 

Posted in Fakta Unik

10 Varian Rasa Indomie Sesuai Daerah di Nusantara

Mi instan Indomie sudah menjadi favorit bagi semua orang Indonesia. Bahkan sudah mendunia. Semua punya pilihannya sendiri baik itu goreng maupun kuah. Mungkin selama ini kamu tahunya Indomie hanya memiliki beberapa rasa seperti pedas untuk goreng atau rasa soto dan ayam untuk yang kuah.

Padahal selain itu Indomie punya banyak rasa yang baru. Bahkan disesuaikan dengan lidah per wilayah lho atau yang disebut selera nusantara. Cek deh rasa-rasa di bawah ini yang pasti belum pernah kamu coba:

1. Indomie  Rasa Empal Gentong

10 Varian Rasa Indomie yang Gak Pernah Kamu Tahu Ternyata Ada

Empal gentong dikenal sebagai makanan khas Cirebon, Jawa Barat. Daging sapi dimasak menyerupai gulai dengan menggunakan gentong yang dipanaskan langsung di atas kayu bakar. Baunya yang harum bikin orang betah deh. Nah kalau kamu mencoba indomie dalam rasa empal gentong sudah ada lho. Kuahnya itu sedap banget deh.

2. Indomie Rasa Mi Celor

10 Varian Rasa Indomie yang Gak Pernah Kamu Tahu Ternyata Ada

Sumatera Selatan gak melulu pempek doang kok. Ada makanan lainnya yang khas yakni mi celor. Yakni mi yang disiram kuah santan dan kaldu ebi lalu diberi topping telur rebus dan taoge. Nah kamu yang penasaran dengan rasa mi celor, gak usah jauh-jauh karena Indomie sudah menyediakan rasa mi celor.

3. Indomie Rasa Coto Makassar

10 Varian Rasa Indomie yang Gak Pernah Kamu Tahu Ternyata Ada

Coto Makassar memang sudah terkenal dimana-mana tak hanya di daerahnya saja. Namun kamu yang ingin merasakan sensasi Indomie dengan rasa coto Makassar, jangan khawatir karena sudah ada lho variannya.

4. Indomie Rasa Cakalang

10 Varian Rasa Indomie yang Gak Pernah Kamu Tahu Ternyata Ada

Ikan cakalang menjadi salah satu ikan yang paling populer di Sulawesi Utara. Bahkan saking populernya pun Indomie membuat varian rasa cakalang baik dalam bentuk kuah maupun goreng.

5. Indomie Rasa Sop Buntut

10 Varian Rasa Indomie yang Gak Pernah Kamu Tahu Ternyata Ada

Sop buntut biasanya disebut sebagai hidangan yang mewah karena harganya yang mahal. Namun kamu anak kos yang lagi pengen sop buntut jangan khawatir karena sekarang Indomie sudah menghadirkan variasi rasa sop buntut.

6. Indomie Rasa Soto Banjar Limau Kuit

10 Varian Rasa Indomie yang Gak Pernah Kamu Tahu Ternyata Ada

Indomie sepertinya suka sekali mengeluarkan varian soto karena memang tiap daerah punya soto khas masing-masing. Salah satu yang terkenal adalah Indomie rasa soto banjar limau kuit. Rasa kuahnya itu beneran khas banget deh, kamu orang Banjar yang lagi merantau pasti suka deh.

7. Indomie Goreng Rasa Dendeng Balado

10 Varian Rasa Indomie yang Gak Pernah Kamu Tahu Ternyata Ada

Indomie juga mengeluarkan varian khas kuliner Indonesia, salah satunya adalah rasa dendeng balado khas Padang. Kamu yang suka pedes dengan rempah yang kuat kayaknya cocok nih dengan varian satu ini.

8. Indomie Goreng Sambal Matah

10 Varian Rasa Indomie yang Gak Pernah Kamu Tahu Ternyata Adainstagram.com/goudaliciooos

Ini nih yang paling baru dari Indomie yakni rasa sambal matah. Sensasi pedas, bawang merah ditambah jeruk itu sungguh menggoyang lidah. Makin mantap apalagi ditambah dengan telur setengah matang di atasnya.

9. Indomie Goreng Sambal Rica-Rica

10 Varian Rasa Indomie yang Gak Pernah Kamu Tahu Ternyata Adainstagram.com/fandyrotten

Selain sambal matah, Indomie juga mengeluarkan varian sambal lainnya yakni rica-rica. Rasanya sendiri lebih pedas dengan bumbu khas Indonesia yang kuat. Kamu pecinta pedas wajib deh coba Indomie rasa ini.

10. Indomie Tahu Tek

10 Varian Rasa Indomie yang Gak Pernah Kamu Tahu Ternyata Adainstagram.com/sahasikarere

Bagi kamu orang Surabaya wajib rek coba Indomie varian baru satu ini. Apalagi kamu yang di perantauan terus lagi kangen tahu tek, cocok deh. Meski sudah dalam bentuk mi namun rasa petisnya masih kerasa banget deh, enak!

Gimana, kamu udah pernah nyoba yang mana nih? Saya sih orang Cirebon. Dah sering makan Empal Gentong 🙂 🙂

Posted in Fakta Unik

Manfaat Rumput Teki

Bagi yang senang dengan dunia pertamanan dan juga memiliki hobi berkebun pasti sudah sering menjumpai jenis rumput ini. ya, rumput teki. Rumput teki merupakan salah satu jenis rerumputan yang sering dianggap mengganggu, karena dapat menyerap unsur hara yang seharusnya diambil oleh tanaman dan juga rerumputan yang kita rawat di pekarangan rumah kita.

Tidak hanya di pekarangan rumah, bahkan di dalam kebunpun rumput teki merupakan salah satu jenis gulma yang sangat mengganggu dan banyak dibasmi dengan cara disiangi dan juga dicabut. Namun demikian meskipun sudah sering disiangi, ternyata rumput teki tetap saja tumbuh terus menerus.

Rumput teki atau yang memiliki nama ilmiah Cyperus Rotondus ini ternyata memiliki beberapa manfaat. Meskipun sering dituding sebagai salah satu jenis gulma yang menyusahkan, namun ternyata rumput teki bisa bermanfaat bagi kesehatan manusia. Terutama menjadi salah satu jenis pengobatan herbal

Apa saja manfaat dari rumput teki?

Bagian dari rumput teki yang sering dimanfaatkan sebagai obat herbal biasanya adalah bagian umbi dari rumput teki. Apa saja manfaatnya bagi kesehatan dan juga bagi pengobatan herbal Berikut ini adalah manfaat rumput teki :

1. Dapat mengobati kencing batu

Manfaat rumput teki bagi kesehatan kita adalah dapat mengobati kencing batu. Ternyata, umbi dari rumput teki ini apabila direbus dan diolah dengan tepat dapat membantu menyembuhkan kencing batu. Kencing batu adalah suatu gejala dimana saluran kencing tertahan oleh penggumpalan dan pengkristalan dari kotoran. Gangguan ini akan menghambat saluran kencing.

Berikut ini cara mengolah umbi dari rumput teki untuk mengobati kencing batu :

  • Siapkan umbi dari rumput teki, lalu cuci bersih
  • Haluskan umbi rumput teki, lalu rebus hingga mendidih
  • Minum hasil dari rebusan umbi rumput teki tersebut secara teratur hingga gejala kencing batu hilang

2. Dapat memperbaiki siklus menstruasi

Umbi dari rumput teki ternyata juga sangat bermanfaat untuk memperbaiki siklus menstruasi atau haid pada wanita. Banyak dari wanita saat ini yang mengalami masalah pada siklus haidnya, karena berbagai macam hal, seperti stress, pola makan yang tidak sehat dan banyak hal lainnya yang dapat mengganggu siklus haid atau menstruasi.

Nah, bagi anda yang mengalami siklus menstruasi yang terganggu, cobalah untuk meminum ramuan herbal dari umbi rumput teki ini. Cara pembuatannya cukup mudah sama seperti membuat ramuan herbal untuk mengobati kencing batu di atas.

3. Memperlancar buang air besar

Manfaat penting lainnya dari umbi rumput teki adalah untuk masalah pencernaan. Salah satu masalah pencernaan yang paling sering dialami adalah kesulitan buang air besar, dan buang air besar terasa keras dan tidak lancar, serta sering mengalami sakit perut. Nah, dengan adanya obat herbal yang berasal dari umbi rumput teki ini, maka dijamin, kondisi pencernaan anda dapat menjadi lebih baik, sehingga dapat membantu melancarkan buang air besar.

4. Mempercepat proses pembekuan darah

Manfaat penting lainnya dari rumput teki dan juga umbi rumput teki adalah dapat mempercepat proses pembekuan darah dan juga dapat membantu menyembuhkan luka yang baru. Ketika anda terjatuh dan juga terluka, maka rumput teki dapat menjadi andalan untuk membantu mempercepat penyembuhan luka anda, karena dapat membantu proses pembekuan darah.

Caranya cukup mudah, anda dapat menempelkan rumput teki pada bagian tubuh yang terluka, lalu tunggu hingga luka tersebut terasa mengering, lalu basuh dengan menggunakan air bersih.

5. Dapat merangsang produksi ASI

Bagi anda seorang ibu yang sedang menyusui, rumput teki dan juga umbi rumput teki memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu merangsang produksi ASI. Manfaat rumput teki untuk kesehatan dan juga umbinya akan membantu memperbanyak jumlah ASI, sehingga sang buah hati tidak akan mengalami kekurangan nutrisi.
6. Dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit

Manfaat lainnya yang sangat penting dari rumput teki dan juga umbi dari rumput teki ini adalah mampu untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Penyakit kulit seperti eksim, panu, kutu air, ruam dan berbagai macam penyakit kulit lainnya dapat sembuh dengan memanfaatkan rumput teki.

Yang perlu anda lakukan adalah cukup dengan merajang daun rumput teki. Lalu kemudian mengompres bagian kulit yang mengalami penyakit kulit hingga terasa dingin dan lakukan berulang kali hingga penyakit kulit tersebut sembuh.

7. Dapat mengobati keputihan

Manfaat rumput teki untuk kesuburan juga sangat penting bagi para wanita, karena rumput teki mampu untuk mencegah terjadinya keputihan. Keputihan merupakan salah satu masalah yang mengkhawatirkan hampir seluruh wanita dan dengan adanya rumput teki, maka kondisi keputihan ini dapat teratasi  dan dapat terhindar dari keputihan.

8. Sebagai obat anti nyamuk

Anda sudah kesal dengan gigitan nyamuk, dan kesal dengan banyaknya nyamuk yang berkeliaran? Kalau begitu cobalah untuk membuat pasta dari umbi dan juga daun dari rumput teki. Dengan menggunakan umbi dan juga daun dari rumput teki, maka nyamuk yang berkeliaran di sekitar anda dapat teratasi, karena nyamuk tidak senang dengan rumput teki, sehingga akan efektif sebagai salah satu obat nyamuk alami.

9. Menurunkan demam

Manfaat rumput teki adalah sebagai obat untuk menurunkan demam dan panas. bagian dari rumput teki yang digunakan adalah bagian umbinya. Umbu dari rumput teki ini dapat anda tumbuh dan dihaluskan. Lalu setelah dihaluskan, umbi dari rumput teki dapat anda campur dengan sedikit air, lalu kompreslah ramuan tersebut pada orang yang mengalami panas dan juga demam. Dengan begitu, maka panas akan segera turun.

Itulah kegunaan penting dari rumput teki untuk kesehatan dan pengobatan. Ternyata, meskipun sering dipandang sebelah mata sebagai jenis gulma yang sangat mengganggu, ternyata rumput teki ini sangatlah berguna. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda sekalian.

Posted in Fakta Unik

Fakta Seputar Nyamuk

1. Nyamuk menyukai tubuh yang berkeringat

Nyamuk bukan menyukai Anda karena bau darah yang menggiurkan baginya, tetapi karena karbondioksida yang dikeluarkan tubuh. Semakin banyak karbondioksida yang Anda keluarkan,  kemungkinan semakin menarik Anda di mata nyamuk. Nyamuk umumnya lebih banyak datang sesaat setelah berolahraga karena tubuh mengeluarkan banyak karbondioksida. Ini pernah saya alami sewaktu selesai berolahraga. Kebetulan waktu duduk untuk beristirahat sebenar, tiba-tiba beberapa nyamuk mendekati saya. Jadi, sebenarnya nyamuk itu mempunyai gangguan penglihatan. Untuk menemukan mangsanya dengan mencium karbon dioksida (C02) dengan sensor infra merahnya. Nyamuk betina bisa segera mengetahui mangsanya dari jarak 35 meter. Ketika nyamuk betina merasai adanya karbon dioksida, ia akan langsung meluncur terbang secara zig-zag, sehingga bulu-bulu halusnya dapat menemukan sumber karbon dioksida itu. Setelah sumber karbondioksida didapat, isyarat lainnya pun turut mendominasi bahwa yang ditemukan itu benar-benar si mangsa, seperti bau tubuh (keringat, asam laktat, dll) dan juga panas tubuh.
2. Nyamuk yang menggigit hanyalah nyamuk betina
Jangan salahkan semua nyamuk karena nyamuk yang mengigit hanyalah nyamuk betina. Nyamuk jantan tidak butuh darah manusia karena sudah mendapat nutrisi yang dibutuhkan dari nektar dengan memakan saripati tanaman, seperti kebanyakan yang lebah madu lakukan. Sementara nyamuk betina membutuhkan darah yang mengandung protein yang membantu pengembangan telur-telur nyamuk yang berjumlah ratusan. Akan tetapi, darah bukanlah kebutuhan pokok nyamuk betina, karena darah yang berfungsi untuk proses perkembangan telurnya, sedangkan untuk mendapatkan makanan nyamuk betina juga melakukan hal yang sama dengan nyamuk jantan.
3. Nyamuk menyukai bir
Bukan berarti nyamuk langsung minum bir, melainkan nyamuk menyukai orang yang minum bir. Ada perubahan senyawa kimia tertentu di dalam tubuh orang yang minum bir sehingga dapat menarik nyamuk.
4. Nyamuk menyukai kaki yang bau
Para peneliti menunjukkan, kaki yang mengeluarkan aroma bau lebih menarik bagi nyamuk. Biasanya kaki bau disebabkan karena jarang menggunakan kaos kaki sewaktu memakai sepatu, sehingga kaki mudah berkeringat dan menimbulkan bau yang tidak enak. Cara untuk menghilangkan bau tersebut, biasanya dengan merendam kaki ke air hangat.

5. Nyamuk menyukai orang yang berdiri di pinggir

Jika sedang di kerumunan, jangan berdiri di pinggir kalau tidak mau digigit nyamuk. Hal ini karena nyamuk lebih mudah mencapai orang yang berada di pinggir daripada yang berada di tengah.

6. Nyamuk tidak menyukai taman yang terawat

Taman identik dengan nyamuk. Namun, jika taman dirawat dengan baik, jumlah nyamuk dapat diminimalisasi. Maka, rutinlah membersihkan taman, pangkas tanaman-tamanan yang sudah mulai tidak beraturan, dan kuraslah kolam yang mungkin ada di sana.

7. Alat “pemancing” nyamuk justru buat nyamuk semakin banyak

Jika Anda memiliki alat pemancing nyamuk, sebuah alat yang mengeluarkan gas karbondioksida dan memerangkap nyamuk, mungkin ada baiknya untuk tidak menggunakannya lagi. Alat itu justru akan membuat jumlah nyamuk semakin banyak karena karbondioksida yang dikeluarkannya memancing banyak nyamuk untuk datang.

8. Nyamuk menyukai wanita hamil

Saat hamil, pengeluaran karbondioksida dari tubuh semakin banyak, terutama di bagian perut, lantaran bayi pun ikut menyumbangkan emisi. Inilah yang membuat nyamuk lebih tertarik pada wanita hamil, terutama di bagian perut mereka.

Fungsi nyamuk dalam kehidupan manusia

Tambahan buat para pembaca, Bersyukurlah dengan diciptakannya nyamuk sehingga dapat menyeimbangkan siklus kehidupan di muka bumi ini. Meski mendatangkan kerugian sebagai penebar penyakit, bagaimanapun juga nyamuk sangat berperan dalam kehidupan. Bayangkan jika nyamuk tidak ada lagi di muka bumi, berapa banyak predator akan mati kelaparan? Berapa banyak tumbuhan akan musnah lantaran tidak adanya peran serta nyamuk dalam membantu proses penyerbukan karena nyamuk merupakan polinator (penyebar biji-bijian). Dan tentu saja akan berimbas pada kehidupan manusia.
Posted in Fakta Unik

Fakta & Mitos Tentang Tidur Siang

Perlahan tapi pasti, semakin banyak orang-orang sukses yang yakin dan juga merasakan manfaat tidur siang.

Bukan hanya bisa mengalihkan pikiran sejenak dari kesibukan, tidur siang juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Hilangkan keraguan Anda akan tidur siang dengan mengetahui fakta dari mitos-mitos seputar tidur siang berikut ini.

1. Tidur siang hanya untuk pemalas dan anak balita

Sepertiga dari orang dewasa di Amerika rata-rata tidur siang. Demikian menurut berita dari LiveScience. Tidur siang sebentar dapat meningkatkan kewaspadaan dan memori untuk kreativitas dan produktivitas. Dan tidak satu pun dari hal tersebut yang terdengar seperti sebuah kemalasan.

2. Bangun tidur siang bisa membuat pusing

Rasa pusing setelah tidur siang adalah hal yang nyata. Tapi tak semua orang pasti mengalaminya. Apa yang Anda rasakan setelah tidur sebentar tersebut kemungkinan berasal dari durasi tidur.

Para ahli umumnya sepakat bahwa tidur siang tidak boleh lebih dari 30 menit. “Jika Anda melakukannya lebih dari 30 menit, Anda akan berakhir dengan tertidur pulas,” Michael J. Breus, Ph.D., pakar tidur.

Tidur terlalu lama memang bisa menyebabkan kita pusing dan lemas. Sebaiknya atur alarm tak lebih dari 30 menit sebelum tidur siang.

3. Tidak boleh tidur siang di kantor

Anda tentu tidak ingin bermasalah dengan atasan gara-gara tidur siang di meja kantor. Tapi, di lingkungan kantor yang benar, kita justru disarankan untuk memejamkan mata di siang hari.

Sejumlah perusahaan bahkan telah membuat ruangan yang didesain khusus untuk tidur siang. Hal ini karena para pimpinan percaya bahwa pekerja yang mendapat cukup istirahat merupakan tenaga kerja yang lebih produktif.

Jika kantor Anda tidak menawarkan tempat untuk “menyenderkan” kepala, cobalah cari ruangan yang kosong dan tenang. Susah menemukannya? Tidurlah ketika istirahat makan siang atau di dalam mobil Anda.

4. Minum kopi sebelum tidur siang akan membuat tubuh tetap terjaga

Percaya atau tidak, ada sesuatu yang disebut kafein tidur siang – yang sering disebut napalatte atau nappucino. Agar bekerja dengan benar, nikmati secangkir kopi atau teh tersebut sebelum Anda tidur siang.

Ketika Anda tidur, kafein akan mulai bekerja (ini mencapai efektivitas puncak sekitar 30 menit setelah Anda meminumnya). Jadi ketika Anda bangun, Anda akan merasa lebih segar.

5. Menuntaskan pekerjaan jauh lebih produktif dari pada tidur

Ya, Anda akan jauh dari meja kerja Anda (atau setidaknya tidak menyadari apa yang terjadi di sana) jika Anda mengambil sekitar 10 hingga 30 menit untuk tidur sebentar. Tetapi, setelah mengetahui manfaat tidur siang, Anda mungkin akan menyukai waktu yang “terbuang” ini.

Penelitian menunjukkan, produktivitas seseorang akan menurun di siang hari gara-gara mengantuk. Nah, tidur siang justru membuat kita lebih segar dan lebih siap menangani beban tugas. 

(Gibran Linggau/Sumber: Huffington Post, Kompas.com)

Posted in Fakta Unik

Fakta Unik Tahun Kabisat 2016

Hari ini adalah hari Kabisat. Setiap empat tahun sekali, selalu ada yang berbeda di bulan Februari seperti yang terjadi pada tahun 2016 ini. Pada umumnya bulan Februari hanya sampai tanggal 28, namun setiap empat tahun waktu di bulan Februari bertambah satu hari yaitu sampai tanggal 29. Penambahan satu hari ini berpengaruh pula terhadap penambahan hari dalam hitungan satu tahun dari 365 menjadi 366 hari. Hal inilah yang disebut tahun kabisat.

Hasil gambar untuk tahun kabisat 2016

Tahun Kabisat adalah tahun khusus dimana biasanya jumlah hari dalam satu tahun dihitung 365 hari, maka pada tahun kabisat menjadi 366 hari.

Penambahan 1 hari tersebut hanya terjadi 4 tahun sekali dan hanya ada pada bulan Februari. Nah pada tahun 2016 ini disebut sebagai tahun Kabisat karena bulan Februari berakhir pada angka 29 bukan 28.

Fenomena Alam Khusus Pengaruh Tahun Kabisat 29 Februari 2016 di Indonesia

Di tahun 2016 ini ada yang istimewa khususnya pada tahun Kabisat di Indonesia. Hal ini berbeda dengan tahun kabisat yang sudah terjadi sebelumnya. Dimana keistimewaannya ?

Yakni sebuah fenomena alam setelah tanggal 29 Februari 2016 berupa dua gerhana matahari dan dua gerhana bulan.

Kejadian alam istimewa ini diutarakan oleh Nurdiansyah, salah seorang pengamat Astronomi.

“Untuk tahun 2016 di wilayah Indonesia, akan terjadi 2 gerhana matahari dan 2 gerhana bulan,” ungkap Nurdiansyah.

Dalam waktu di Indonesia akan terjadi Gerhana Matahari Total (GMT) dan peristiwa ini sangat langka dan istimewa sehingga para turis dari mancanegara berbondong-bondong datang ke wilayah Indonesia.

“Gerhana matahari di tanggal 9 maret 2016 adalah yang paling istimewa,” ujar sang pakar Astronomi.

Kapan Gerhana Matahari Total (GMT) akan terjadi ? yakni tepat tanggal 9 Maret 2016.

Pertanyaanya wilayah mana saja di Indonesia yang dilalui GMT ? Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan GTM akan melintasi 11 kawasan wilayah di Indonesia.

Ke-11 kawasan ini antara lain Bengkulu, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah dan Maluku Utara.