Posted in Fakta Unik

Fakta Menarik Catur

1. “sekak mat”

Kata “sekak mat” berasal dari kata Arab “shah mat” yang diterjemahkan menjadi “Raja sudah mati” dalam bahasa Inggris.

2. Permainan terpanjang

Permainan terpanjang catur yang mungkin bisa Anda lakukan adalah 5.949 langkah.

3. Permainan terpanjang yang tercatat

Permainan terpanjang yang pernah tercatat adalah berlangsung selama 269 langkah dan berakhir imbang.

4. Juara catur dunia

Seorang Jerman bernama Dr. Emanuel Lasker mempertahankan gelar juara untuk waktu yang paling lama yaitu: 26 tahun dan 337 hari!

5. Papan catur pertama



Papan catur modern seperti yang kita lihat hari ini muncul pertama kali di Eropa pada tahun 1090.

6. Jam mekanik pengganti jam pasir

Jam mekanik pertama yang digunakan sebagai pengganti jam pasir diciptakan oleh Thomas Wilson pada tahun 1883. jam push button modern diperkenalkan oleh Veenhoff pada tahun 1900.

7. Pendeta berbohong 

Papan catur lipat diciptakan pada 1125 oleh seorang Pendeta yang juga hobi main catur. Sejak Gereja melarang seorang Pendeta untuk bermain catur, ia menyembunyikan papan caturnya dengan membuatnya terlihat seperti dua buah buku biasa yang tergeletak.

8. ‘Rookies’

Pemain di tahun pertama mereka disebut “Rookies”. Nama ini dimbil dari pion terakhir dari catur yang bergerak yang disebut “Rooks”.

9. Buku bahasa Inggris

Buku kedua yang pernah dicetak dalam bahasa Inggris adalah tentang Catur.

10. Salah satu jenius kompuet : Alan Turing



Alan Turing mengembangkan program komputer pertama untuk bisa bermain catur pada tahun 1951. Namun, tidak ada komputer yang cukup kuat untuk memprosesnya, sehingga Turing menguji dengan melakukan perhitungan gerakan.

11. Permainan luar biasa

Permainan catur pertama antara ruang dan bumi adalah pada bulan Juni 1970 oleh awak Soyez-9. Meskipun pertandingan berakhir imbang, itu pasti tetap menjadi berita utama.

12. Langkah baru pion 

Langkah baru di mana pion bisa bergerak dua langkah, bukan satu diperkenalkan di Spanyol pada 1280.

13. Permainan para raja

Catur juga disebut “Game of Kings” karena untuk waktu yang sangat lama di masa lalu, itu hanya dimainkan oleh para raja dan kalangan bangsawaan.

14. Skakmat terpendek!

Jumlah langkah terpendek untuk mencapai skak mat hanya dua langkah! Satu urutan disebut “Fool’s mate runs” Jadi, 1. g4 e5 dan 2. f4 Qh4 skakmat.

15. Master catur 

Seorang Master catur yang telah memenangkan Kejuaraan Dunia di semua tiga format (KO, turnamen dan pertandingan) adalah Viswanathan Anand dari India.

16. Komputer jenius

Komputer yang disebut ‘Deep Thought’ menjadi yang pertama dari jenisnya yang berhasil mengalahkan master catur internasional pada November 1988 di Long Beach, California.

Advertisements
Posted in Fakta Unik

Kerupuk…

krupuk
Kerupuk dianggap menjadi salah satu pelengkap wajib dunia makanan bagi banyak orang di Indonesia. Kekhasan dari cemilan tersohor ini tidak lain karena garing, gurih rasa, dan sensasi bunyi krauk-kriuk yang terdengar ketika memakannya. Bagi kamu para pecinta kerupuk, ada lhobeberapa fenomena kuliner kesayangan kita semua yang perlu kamu tahu. Apa saja?

Nama
Sudah tahu asal muasal nama kerupuk? Tidak banyak artikel yang membahas secara mendalam tentang sejarah makanan gurih ini dari sudut pandang sejarah penamaan. Sebab, banyak orang langsung menikmati garingnya kerupuk sampai kenyang tanpa peduli dengan asal kata kerupuk. Di beberapa negara, kerupuk memiliki nama yang bermacam-macam. Malaysia menamakan camilan garing ini sebagai keropok, di Filipina bernama kropek, prawn crackers di Australia, banh tom Phong di Vietnam, xiapian di Cina, dan kroepoek di Belanda dan Suriname.

Ragam
Penamaan yang bermacam-macam juga mengindikasikan perbedaan dari makanan garing ini, Inspirator. Di Indonesia, kerupuk umumnya terdiri dari tepung tapioka dan campuran berbagai macam jenis ikan. Tak sedikit juga kerupuk yang dibuat menggunakan beras ketan kering, kulit binatang, aci, sayuran (seperti kerupuk bayam, jengkol, dan melinjo), dan modifikasi olahan kerupuk seperti tambahan topping pada rempeyek.

Tradisi
Peringatan 17 Agustusan tidak ramai tanpa lomba makan kerupuk. Tali yang menggantung tinggi di antara tali lainnya menjadikan kerupuk sebagai target gigitan peserta lomba. Sejarahnya, kerupuk ada dalam agenda lomba peringatan kemerdekaan karena saat masa penjajahan, camilan kering ini dijadikan menu utama makanan bagi warga Hindia-Belanda. Konon, kerupuk pada acara 17an mengingatkan bahwa para pendahulu pernah hidup di bawah keprihatinan karena penjajah. Perlombaan makan kerupuk dianggap sebagai upaya menceritakan kembali kisah pahit yang dikemas dalam kegiatan tahunan masyarakat di berbagai daerah. Hingga sekarang ini kerupuk menjadi simbol pangan, solidaritas, dan kebersamaan masyarakat Indonesia.
 
 
*Dikutip dari berbagai sumber.

 

Posted in Fakta Unik

10 Varian Rasa Indomie Sesuai Daerah di Nusantara

Mi instan Indomie sudah menjadi favorit bagi semua orang Indonesia. Bahkan sudah mendunia. Semua punya pilihannya sendiri baik itu goreng maupun kuah. Mungkin selama ini kamu tahunya Indomie hanya memiliki beberapa rasa seperti pedas untuk goreng atau rasa soto dan ayam untuk yang kuah.

Padahal selain itu Indomie punya banyak rasa yang baru. Bahkan disesuaikan dengan lidah per wilayah lho atau yang disebut selera nusantara. Cek deh rasa-rasa di bawah ini yang pasti belum pernah kamu coba:

1. Indomie  Rasa Empal Gentong

10 Varian Rasa Indomie yang Gak Pernah Kamu Tahu Ternyata Ada

Empal gentong dikenal sebagai makanan khas Cirebon, Jawa Barat. Daging sapi dimasak menyerupai gulai dengan menggunakan gentong yang dipanaskan langsung di atas kayu bakar. Baunya yang harum bikin orang betah deh. Nah kalau kamu mencoba indomie dalam rasa empal gentong sudah ada lho. Kuahnya itu sedap banget deh.

2. Indomie Rasa Mi Celor

10 Varian Rasa Indomie yang Gak Pernah Kamu Tahu Ternyata Ada

Sumatera Selatan gak melulu pempek doang kok. Ada makanan lainnya yang khas yakni mi celor. Yakni mi yang disiram kuah santan dan kaldu ebi lalu diberi topping telur rebus dan taoge. Nah kamu yang penasaran dengan rasa mi celor, gak usah jauh-jauh karena Indomie sudah menyediakan rasa mi celor.

3. Indomie Rasa Coto Makassar

10 Varian Rasa Indomie yang Gak Pernah Kamu Tahu Ternyata Ada

Coto Makassar memang sudah terkenal dimana-mana tak hanya di daerahnya saja. Namun kamu yang ingin merasakan sensasi Indomie dengan rasa coto Makassar, jangan khawatir karena sudah ada lho variannya.

4. Indomie Rasa Cakalang

10 Varian Rasa Indomie yang Gak Pernah Kamu Tahu Ternyata Ada

Ikan cakalang menjadi salah satu ikan yang paling populer di Sulawesi Utara. Bahkan saking populernya pun Indomie membuat varian rasa cakalang baik dalam bentuk kuah maupun goreng.

5. Indomie Rasa Sop Buntut

10 Varian Rasa Indomie yang Gak Pernah Kamu Tahu Ternyata Ada

Sop buntut biasanya disebut sebagai hidangan yang mewah karena harganya yang mahal. Namun kamu anak kos yang lagi pengen sop buntut jangan khawatir karena sekarang Indomie sudah menghadirkan variasi rasa sop buntut.

6. Indomie Rasa Soto Banjar Limau Kuit

10 Varian Rasa Indomie yang Gak Pernah Kamu Tahu Ternyata Ada

Indomie sepertinya suka sekali mengeluarkan varian soto karena memang tiap daerah punya soto khas masing-masing. Salah satu yang terkenal adalah Indomie rasa soto banjar limau kuit. Rasa kuahnya itu beneran khas banget deh, kamu orang Banjar yang lagi merantau pasti suka deh.

7. Indomie Goreng Rasa Dendeng Balado

10 Varian Rasa Indomie yang Gak Pernah Kamu Tahu Ternyata Ada

Indomie juga mengeluarkan varian khas kuliner Indonesia, salah satunya adalah rasa dendeng balado khas Padang. Kamu yang suka pedes dengan rempah yang kuat kayaknya cocok nih dengan varian satu ini.

8. Indomie Goreng Sambal Matah

10 Varian Rasa Indomie yang Gak Pernah Kamu Tahu Ternyata Adainstagram.com/goudaliciooos

Ini nih yang paling baru dari Indomie yakni rasa sambal matah. Sensasi pedas, bawang merah ditambah jeruk itu sungguh menggoyang lidah. Makin mantap apalagi ditambah dengan telur setengah matang di atasnya.

9. Indomie Goreng Sambal Rica-Rica

10 Varian Rasa Indomie yang Gak Pernah Kamu Tahu Ternyata Adainstagram.com/fandyrotten

Selain sambal matah, Indomie juga mengeluarkan varian sambal lainnya yakni rica-rica. Rasanya sendiri lebih pedas dengan bumbu khas Indonesia yang kuat. Kamu pecinta pedas wajib deh coba Indomie rasa ini.

10. Indomie Tahu Tek

10 Varian Rasa Indomie yang Gak Pernah Kamu Tahu Ternyata Adainstagram.com/sahasikarere

Bagi kamu orang Surabaya wajib rek coba Indomie varian baru satu ini. Apalagi kamu yang di perantauan terus lagi kangen tahu tek, cocok deh. Meski sudah dalam bentuk mi namun rasa petisnya masih kerasa banget deh, enak!

Gimana, kamu udah pernah nyoba yang mana nih? Saya sih orang Cirebon. Dah sering makan Empal Gentong 🙂 🙂

Posted in Renungan Hidup

Tak Perlu Berlebihan Membenci dan Memuja

Jum’at,09 Maret 2018

Negriku akhir-akhir ini dipenuhi dengan huru-hara. Entah mungkin akibat bebasnya bermedia sosial. Sehingga semua serba “kebablasan” berkomentar yang mungkin ga sesuai fakta, berargumen dan berdebat dengan teman yg kenal di dunia nyata,maupun di dunia maya. Semua seolah-olah bebas nulis dan berekspresi sesuai keyakinannya. Entah itu dari portal kredibel maupun abal-abal. Dan terlihat semua terpolarisasi. Antara blok “pembela pemerintah” dan yang “anti pemerintah”. Semua dikaitkan kesana. Entah ada kolerasinya,atupun tidak.

Ada ungkapan..”silahkan benci,tapi dongok jangan”.. Menurut saya itu juga ga bener. Karena yg sya yakini,ga ada tuh yang ngajarin kita untuk saling membenci, dalam ajaran agama apapun..Yang pro pemerintah, kadang juga berlebihan dalam “memuja”,begitupun yang kontra. Jadi menurut hemat saya, bersikaplah sesuai fakta dan keadaan yang ada. Bila salah ya kita kritik dan katakan salah. Bila benar, ya kita support. Baik yang pro maupun kontra, ga perlu ngeshare atau buat berita-berita hoax yang disesuaikan dg opini pribadi karena “terlalu benci dan terlalu memuja”.

Kalo dalam agama diajarkan untuk ga membenci. Kenapa masih banyak yang katanya agamis, malah membenci ulama’nya??

Mungkin emang kita kudu obyektif dalam memberikan sudut pandang. Bila ulama’ panutan tersebut sesuai ajaran Nabi Muhammad SAW yang santun, penh kasih sayang tak suka langsung memvonis sesat..sebaiknya kita ikuti. Bila tak sesuai, ya ga perlu terlalu dibenci juga.. Bersikap biasa aja, karena di dunia ini telah diatur sedemikian rupa oleh Allah Tuhan Yang Maha Kuasa, untuk keseimbangan dunia. Ada dua sisi yang saling berlawanan. namun kita diajarkan untuk pintar mengambil hikmah.