Posted in Fakta Unik

Fakta & Mitos Tentang Tidur Siang

Perlahan tapi pasti, semakin banyak orang-orang sukses yang yakin dan juga merasakan manfaat tidur siang.

Bukan hanya bisa mengalihkan pikiran sejenak dari kesibukan, tidur siang juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Hilangkan keraguan Anda akan tidur siang dengan mengetahui fakta dari mitos-mitos seputar tidur siang berikut ini.

1. Tidur siang hanya untuk pemalas dan anak balita

Sepertiga dari orang dewasa di Amerika rata-rata tidur siang. Demikian menurut berita dari LiveScience. Tidur siang sebentar dapat meningkatkan kewaspadaan dan memori untuk kreativitas dan produktivitas. Dan tidak satu pun dari hal tersebut yang terdengar seperti sebuah kemalasan.

2. Bangun tidur siang bisa membuat pusing

Rasa pusing setelah tidur siang adalah hal yang nyata. Tapi tak semua orang pasti mengalaminya. Apa yang Anda rasakan setelah tidur sebentar tersebut kemungkinan berasal dari durasi tidur.

Para ahli umumnya sepakat bahwa tidur siang tidak boleh lebih dari 30 menit. “Jika Anda melakukannya lebih dari 30 menit, Anda akan berakhir dengan tertidur pulas,” Michael J. Breus, Ph.D., pakar tidur.

Tidur terlalu lama memang bisa menyebabkan kita pusing dan lemas. Sebaiknya atur alarm tak lebih dari 30 menit sebelum tidur siang.

3. Tidak boleh tidur siang di kantor

Anda tentu tidak ingin bermasalah dengan atasan gara-gara tidur siang di meja kantor. Tapi, di lingkungan kantor yang benar, kita justru disarankan untuk memejamkan mata di siang hari.

Sejumlah perusahaan bahkan telah membuat ruangan yang didesain khusus untuk tidur siang. Hal ini karena para pimpinan percaya bahwa pekerja yang mendapat cukup istirahat merupakan tenaga kerja yang lebih produktif.

Jika kantor Anda tidak menawarkan tempat untuk “menyenderkan” kepala, cobalah cari ruangan yang kosong dan tenang. Susah menemukannya? Tidurlah ketika istirahat makan siang atau di dalam mobil Anda.

4. Minum kopi sebelum tidur siang akan membuat tubuh tetap terjaga

Percaya atau tidak, ada sesuatu yang disebut kafein tidur siang – yang sering disebut napalatte atau nappucino. Agar bekerja dengan benar, nikmati secangkir kopi atau teh tersebut sebelum Anda tidur siang.

Ketika Anda tidur, kafein akan mulai bekerja (ini mencapai efektivitas puncak sekitar 30 menit setelah Anda meminumnya). Jadi ketika Anda bangun, Anda akan merasa lebih segar.

5. Menuntaskan pekerjaan jauh lebih produktif dari pada tidur

Ya, Anda akan jauh dari meja kerja Anda (atau setidaknya tidak menyadari apa yang terjadi di sana) jika Anda mengambil sekitar 10 hingga 30 menit untuk tidur sebentar. Tetapi, setelah mengetahui manfaat tidur siang, Anda mungkin akan menyukai waktu yang “terbuang” ini.

Penelitian menunjukkan, produktivitas seseorang akan menurun di siang hari gara-gara mengantuk. Nah, tidur siang justru membuat kita lebih segar dan lebih siap menangani beban tugas. 

(Gibran Linggau/Sumber: Huffington Post, Kompas.com)

Advertisements

Author:

jawa tulen, suka becanda😊 suka fotografi📷 kerjanya tukang foto rontgen☢ seneng main bola,futsal serta nonton bola⚽ twitter/ig: @eljauhary otherside blog: elljauhary.tumblr.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s