Posted in Renungan Hidup, Tips

yang didambakan..

keluarga-sakinah

Sudah mnjadi kodrat bahwa seorang laki-laki dewasa ingin mempunyai pasangan hidup. Wanita yg didambakan ga semata-mata sbgai penyaluran hasrat seks semata, tetapi sbgai plengkap hidupnya. Jika ia seorang muslim yang taat, maka tentu kepengen mendapatkan pasangan wanita yang sholihah.

Menurut ane, wanita muslimah yg sholihah itu mengenakan jilbab, baik di rumah maupun di luar rumah. Sedangkan pria muslim itu berakhlak mulia, penyayang, sabar dan bijaksana. Maka adalah sangat keliru jika seorang wanita mendambakan seorang pria kaya yang tidak beriman. Secara tidak sadar ia akan menjerumuskan dirinya pada penderitaan hidup, di dunia dan akherat. Sebaba dalam sebuah perkawinan, materi bagaikan fatamorgana. Sebelum didekati tampak menggiurkan, tapi kalau udah bergelimang, maka semua tanpa arti. Tak sedikit wanita bergelimang harta hidupnya, tapi hatinya sepi. Karena suami –yang tak beriman- itu selingkuh.

Harga diri dan kehormatan seorang wanita tak hanya sebatas materi yang dimiliki. Tak pula karena kecantikan, ilmu, jabatan yang disandangnya. Namun wanita idaman laki muslim itu berakhlak baik, berbudi bahasa santun dan berpakaian sesuai dengan perintah agama.

Wanita sholihah adalah yang dapat menyenangkan hati suaminya. Dengan memelihara keluarga, mendidik anak-anaknya dengan penuh perhatian dan kasih sayang.wanita sholihah harus pandai menjaga harta suami, kudu setia agar tercipta selalu keharmonisan dalam rumah tangga. Buat para wanita, teladanilah kesetiaan istri-istri para Nabi terdahulu, yang tetap setia menemani di saat sedih dan menderita.

Seorang wanita sholihah harus cantik. Artinya jika ia telah bersuami, maka hendaknya bersolek, memperindah dirinya, demi sang suami. Pada dasarnya semua wanita mendambakan keindahan. Bersolek dan mempercantik diri merupakan fitrahnya. Namun jangan memperhatikan kecantikan lahiriyah saja, yang paling penting adalah kecantikan sikap dan perilaku yang dapat menyejukkan hati sang suami. Kita kudu membudayakan mengucap salam, ketika keluar atau masuk rumah. Kemudian menjabat dan cium tangan, serta melepas kepergian dengan do’a. Istri sholihah kudu bermuka ceria, jangan muram,bermuka masam..

Istri yang cerdas haruslah selalu menilai dirinya sendiri dan tak mudah tersinggung jika diingatkan suami atau orang lain. Tanpa adanya kritikan maka tak mungkin ada perbaikan.

Setiap lelaki mendambakan istri yang qonaah = nerimo (jawa) serta tidak kikir dan serakah. Sifat qonaah itu perlu dimiliki istri muslimah. Sehingga ketenangan hati dan kebahagiaan hidup akan dapat dirasakan. Dari Jabir RA., bahwa Nabi SAW bersabda : “Qonaah itu adalah harta yang tak akan hilang dan simpanan yang tak kan lenyap” (HR. Tabrani).

Wanita sholihah harus mampu mendinginkan suasana yang panas dalam rumah tangga. Senantiasa sabar, bijak dalam menyelesaikan masalah . sehingga keharmonisan dalam rumah tangga ttap terjaga. Bisa menjadi penghibur jika suami dalam keadaan emosi, marah. Bahkan suasana semakin romantis saat pertengakran dan kembali dalam perdamaian. Kehangatan kasih sayang seorang laki-laki setelah mereda kemarahannya mnjadi lebih menyenangkan.

Pada kesimpulannya, bahwa wanita muslimah dituntut untuk menjadi seorang hamba dan seorang khalifah. Artinya ia harus mampu mengemban amanat demi kemakmuran kehidupan, khususnya dalam rumah tangga. Disamping mengabdi kepada Allah SWT, wanita muslimah harus pula mengabdi kepada suaminya secara tulus ikhlas. Semua itu dapat tercapai jika peran agama tidak diabaikan.

Advertisements

Author:

jawa tulen, suka becanda😊 suka fotografi📷 kerjanya tukang foto rontgen☢ seneng main bola,futsal serta nonton bola⚽ twitter/ig: @eljauhary otherside blog: elljauhary.tumblr.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s